• Home
  • Advertorial
  • Bupati H Yopi Arianto SE Pimpin Gerakan Bersama Penyemprotan Disinfektan untuk Memutus Penyebaran Virus Corona Covid-19
ADVERTORIAL

Bupati H Yopi Arianto SE Pimpin Gerakan Bersama Penyemprotan Disinfektan untuk Memutus Penyebaran Virus Corona Covid-19

Selasa, 07 April 2020 | 13:25
INHU, RIAUGREEN.COM - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H. Yopi Arianto,SE.bersama Kapolres Inhu, AKBP. Efrizal, S. IK dan Dandim0302/ INHU Letkol. Arm. Hendra Roza, S. IP pimpin apel Gerakan Bersama Penyemprotan Disinfectan dan dilaksanakan secara serentak di daerah lainnya se-Kab. Inhu guna memutus penularan virus corona (covid-19) di Kab. Inhu, Riau, Selasa pagi (31/3/2020) di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Rengat.

Kegiatan ini diprakarsai oleh jajaran Polres Kab. Inhu yang diikuti oleh ratusan peserta apel ini terdiri dari personil jajaran TNI Kodim 0302/ INHU, Polres Inhu, Satpol PP Kab. Inhu, personil KPBD Kab. Inhu dengan menggunakan berbagai alat dan kendaraan operasional yang dapat mendukung prosesi penyemprotan disinfectan.

Turut hadir mengikuti apel ini antara lain jajaran Forkopimda Kab. Inhu Ka. PN Rengat Darma Indo Damanik, S.K., M. Kn, Kajari Rengat Hayin Suhikto, S.H., M.H, anggota DPRD Daniel Eka Perdana, pimpinan organisasi kemasyarakatan antara lain MUI Kab. Inhu, Koni Kab. Inhu. Pemuda Pancasila, FPI, pejabat di lingkup Pemkab. Inhu diantaranya Plt. Asisten 1 H. Boby Rachmat, S. STP, Kadiskes Elis Julinarti, M. Kes, Kabag Protokol Supandi, S. Sos., MP, Kakan KPBD Kab. Inhu Ergusfian, S.Sos, perwira TNI/ POLRI, Camat Rengat Sustiono serta undangan lainya

Selanjutnya Yopi mengatakan bahwa dalam rangka menyikapi peningkatan kasus virus tersebut di Indonesia, Pemkab. Inhu sendiri sesuai arahan dan keputusan Presiden RI mengambil sejumlah langkah diantaranya yakni :

1. Membentuk gugus tugas percepatan penanganan covid-19 daerah dengan diketuai langsung oleh Bupati Inhu;

2. Menyiapkan pendanaan yang diperlukan untuk keperluan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 daerah yang dibebankan pada APBD;

3. Melakukan analisa yang matang, mendalam dan memperhitungkan dampak sosial dan ekonomi yang mungkin muncul di masyarakat serta memastikan keamanan dan keselamatantenaga penyedia layanan kesehatan sebagai garda terdepan serta memberikan layanan bagi masayrakat sesuai standar pelayanan minimal (SPM);

4.   Menyiapkan dan menyiagakan segala bentuk sumber daya dan fasilitas kesehatan yang dimiliki, bila perlu bekerja sama dengan rumah sakit swasta sebagai rujukan penderita covid - 19, menambah ruang isolasi di rumah sakit maupun di fasilitas kesehatan dan pendukung lainnya, serta meningkatkan kapasitas puskesmas atau layanan kesehatan primer;

5. melakukan refocusing kegiatan untuk menjamin kemudahan pelaksanaan upaya pencegahan, pengendalian dan penanggulangan wabah covid - 19 di daerah sebagaimana amanat inpres nomor 4 tahun 2020 tentang refocusing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan covid - 19 sesuai ketentuan yang berlaku;

6. Bersama gugus tugas akan melaksanakan sosialisasi pembatasan sosial (social distancing) dan karantina mandiri yang melibatkan semua jajaran pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha dengan memperhatikan protokol-protokol terkait penanganan covid 19;

7. sinergitas dan koordinasi semua stake holder untuk saling bahu membahu dalam rangka pencegahan penyebaran covid - 19 di Kab. Inhu.

Selanjutnya H Yopi Arianto SE.yang sekaligus bupati mengajak kepada semua untuk bersama-sama menjadi bagian penting dari upaya pencegahan penyebaran covid - 19 khususnya di Kab. Inhu dan senantiasa memanjatkan doa memohon kepada Allah SWT, agar mampu menghadapi wabah ini serta menjadikan Kab. Inhu selalu aman dan kondusif.

Dalam penuturanya "Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang, tidak panik dan tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran covid - 19 ini dapat kita cegah. Inilah saatnya, kita bekerja bersama-sama, saling tolong menolong dan bersatu padu dalam mencegah dan menangani penularan covid 19"tuturnya.

Oleh karenanya bupati Yopi tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian, TNI, dinas kesehatan, Satpol PP, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah serta seluruh pemangku kepentingan yang telah bekerja sama dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19 di Kab. Inhu.

Sejalan dengan hal tersebut Kapolres Inhu, AKBP. Efrizal, S. IK dalam amanatnya menyampaikan hal senada bahwa dalam menghadapi wabah virus ini menjadi tugas bersama serta mengharapkan kepada petugas untuk tegas dalam melaksanakan langkah-langkah pencegahan di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya dengan gerakan penyemprotan yang dilakukan saat ini serentak di seluruh Indonesia dan khusus untuk kebaikan Kab. Inhu. "Terima kasih kepada petugas dan mari samakan persepsi dalam menanggulangi wabah ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat' tutupnya.

Seiring dengan menutup amanat pimpinan apel, Dandim 0302/ INHU Letkol Arm. Hendra Roza, S. IP menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan moment yang penting dalam pencegahan wabah virus corona. "Dengan adanya gugus tugas ini kita bisa lebih bersinergi antar pemangku kepentingan dalam memeranginya dan diharapkan terus berlanjut" ujar Dandim menuturkan.

Setelah usainya pelaksanaan apel, personil dan armada penyemprotan disinfectan langsung dilepas oleh Bupati Yopi didampingi jajaran Forkopimda Kab. Inhu dan undangan lainnya di gerbang RTH, Rengat.

Tidak hanya melepas,bupati Yopi dan jajaran Forkopimda juga ikut menaiki salah satu armada penyemprot disinfectan (water canon) milik Polres Inhu dan berkeliling di Kota Rengat melaksanakan penyemprotan secara langsung bersama petugas di jalan protokol, fasiltas umum antara lain rumah ibadah, pasar hingga ke pemukiman padat penduduk.

Selanjutnya rangkaian kegiatan ini ditutup dengan peninjauan fasiltas kesehatan di RSUD Indrasari di Pematang reba yang disambut Direktur RSUD drg. Sri Dharmayanti. (bud/adv)

Loading...
BERITA LAINNYA
Bupati Inhu Yopi Arianto Lantik 302 CPNS
Rabu, 17 Juni 2020 | 22:34
BERIKAN KOMENTAR
Top