• Home
  • Advertorial
  • Pembenahan Puskesmas, Tekad Bupati Yopi Menuju Indonesia Sehat 2020 dan Inhu Sejahtera 2021
ADVERTORIAL

Pembenahan Puskesmas, Tekad Bupati Yopi Menuju Indonesia Sehat 2020 dan Inhu Sejahtera 2021

Minggu, 15 Desember 2019 | 12:53
INHU, RIAUGREEN.COM - Selain RSUD Indrasari, pembenahan dan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di setiap Puskesmas yang ada juga terus ditingkatkan Pemkab Inhu di bawah kepemimpinan Bupati Yopi Arianto. Salah satu upaya tersebut adalah akreditasi Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Inhu, Elis Julinarti, DCN, M.Kes mengatakan dari 20 Puskesmas yang tersebar di 14 kecamatan di Inhu, sedikitnya
sudah delapan Puskesmas yang dinyatakan terakreditasi.

Diantaranya, Puskesmas Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida, Puskesmas Sungai Lala, Puskesmas Kuala Cenaku, Puskesmas Sipayung Kecamatan Rengat, Puskesmas Seberida Kecamatan Batang Gansal, Puskesmas Pekanheran Kecamatan Rengat Barat, Puskesmas Peranap, dan Puskesmas Air Molek Kecamatan Pasir Penyu.
Kepala Dinas Kesehatan Inhu, Elis Julinarti, DCN, M.Kes 

Disebutkan Elis, kesehatan merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kesejahteraan masyarakat. Dan pemerintah memiliki kewajiban utama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Dengan demikian, hal itu lah yang membuat Bupati Inhu, H. Yopi Arianto, lebih memprioritaskan kesejahteraan dan masyarakatnya. Sesuai visi-misi "Menuju Indonesia Sehat 2020 dan Inhu Sejahtera 2021" tutur Elis.

Untuk mewujudkan visi-misi tersebut, tentu tidak terlepas dari pelayanan kesehatan, baik dari segi program maupun fasilitas pendukung serta mutu pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas itu sendiri. Dan sesuai dengan program pemerintah pusat untuk menuju Indonesia Sehat 2020, setiap Puskesmas yang terakreditasi minimal 1 di setiap kecamatan.

"Akreditasi Puskesmas ini bertujuan, untuk mendapatkan pengakuan dari lembaga independen terhadap mutu pelayanan, dan untuk sertifikat akreditas tersebut dikeluarkan langsung oleh lembaga dari Kementrian Kesehatan yang disebut Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementrian Kesehatan RI.
"Melalui akreditasi tersebut, Puskesmas juga dituntut untuk meningkatkan mutu serta kinerja Puskesmas. Kinerja yang dimaksud bukan hanya segi pelayanan, namun juga termasuk pada perbaikan sistem administrasi dan manajemen Puskesmas. Sementara terkait fasilitas kesehatan yang ada di Puskesmas saat ini sudah tercukupi dengan baik. Bahkan setiap Puskesmas di Inhu telah memiliki ambulan tersendiri," terang Elis. (Adv Diskominfo Inhu)

Loading...
BERITA LAINNYA
Banggar DPRD Meranti Kunker ke DPRD Provinsi Riau
Rabu, 26 Februari 2020 | 11:12
BERIKAN KOMENTAR
Top