• Home
  • Advertorial
  • Walikota Pekanbaru Firdaus MT Bangga Pekanbaru Tuan Rumah HUT Damkar Ke-100, Satpol PP ke-49 dan Satlinmas ke-57

Walikota Pekanbaru Firdaus MT Bangga Pekanbaru Tuan Rumah HUT Damkar Ke-100, Satpol PP ke-49 dan Satlinmas ke-57

Kamis, 07 Maret 2019 | 12:07
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, terlihat khidmat mengikuti rangkaian demi rangkaian peringatan Upacara HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT Satuan Polisi Pamong Praja Ke-49 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat Ke-57
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, menghadiri puncak peringatan Upacara HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT Satuan Polisi Pamong Praja Ke-49  dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat Ke-57  dilaksanakan di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, Rabu (6/3/2019).

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo yang juga memimpin apel upacara HUT tersebut mengatakan kepada Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

"Damkar, Satpol PP dan Satlinmas bisa terjun ke lapangan semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat," pintanya.

Kemudian dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu), Mendagri diharapkan Damkar, Satpol PP dan Linmas dapat melekat terhadap Polda dan Polres setempat.

"Ini untuk meningkatkan koordinasinya untuk menjaga tempat-tempat TPS, dan tempat yang vital seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat," pesannya.

Lebih jauh Mendagri mengatakan fungsi melayani masyarakat tidak hanya  pada perizinan dan regulasi saja termasuk  fungsi Damkar, Linmas dan Satpol PP tetap dibutuhkan.

"Saya kira itu intinya, agar kedepan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya semata-mata perizinan saja dan aspek-aspek regulasi," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pekanbaru, Burhan Gurning mengaku puas kegiatan tersebut bisa terselenggara dengan baik.

"Acara ini sudah berlangsung dengan baik, meski pun ada kekurangan disana sini. Tapi dari makna yang kita ambil seratus tahun HUT pemadam kebakaran ini sudah banyak bawa perubahan ke seluruh Indonesia.

Ya, Sebagaimana bekerja di lapangan dengan taruhan nyawa sesuai dengan slogan kita pantang pulang sebelum padam, mereka mempersiapkan diri dengan baik termasuk juga ketangkasan mereka. Ini akan memberikan semangat baru bagi ksatria biru Pekanbaru," ujarnya.

"Lanjut Burhan, dengan anggaran Rp 20 Miliar yang dimiliki, pihaknya dapat bekerja sesuai dengan SOP yang sudah ditetapan termasuk juga meluncurkan program Smart Rescue Madani yang bertujuan untuk membantu menanggulangi kebakaran dan penyelamatan lain.

"Ini bisa diunduh masyarakat di Playstore. Semua jenis bencana dapat diakomodir dalam aplikasi itu. Tujuannya memudahkan kita untuk memadamkan api di lapangan. Berdasarkan pengalaman kita, api lama dipadamkan karena listrik belum dimatikan. Jadi nanti ini terintegrasi dengan stake holder lain sehingga cepat memadamkan api di lapangan," tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah membangun sumber air disetiap kelurahan. "Walikota sangat komitmen membantu kita. Jadi, dengan adanya sumber air memudahkan kita mengambil air di lapangan," imbuhnya.

Ia berharap dengan usia Damkar yang 100 tahun, Damkar memiliki UU khusus sehingga memudahkan dalam penganggaran. "Ini sebetulnya sudah urusan wajib pemerintah sama dengan pendidikan. Kalau sudah ada payung hukumnya kita akan mudah mengatur kegiatan kita. Ksatria biru sangat menginginkan itu," tutup Burhan..

Sementara Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Dewi Tari mengucapkan rasa syukurnya atas telah terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar.

''Allhamdulilah semua berjalan lancar dan tidak ada hambatan, meski Presiden RI sebelumnya dijadwalkan hadir, tetapi yang datang bersama kita bapak Mendagri tidak masalah. Semoga dihari ulang tahun Damkar ini menjadikan spirit baru bagi kita semua,'' terang Dewi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Gubernur Riau, Kapolda Riau, Walikota Pekanbaru, dan Kepala Dinas Pemadam kebakaran Kota Pekanbaru. Kemudian dilanjut dengan pertunjukan atraksi dari satuan polisi pamong praja dari seluruh kabupaten di riau juga diperagakan.

Tidak hanya dari Satpol PP, pertunjukan kemampuan juga diperlihatkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran sendiri. Dan juga dilakukan simulasi penyelamatan kebakaran.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT mengaku bangga Kota Pekanbaru dinobatkan sebagai tuan rumah dilaksanakannya kegiatan berskala nasional ini.

Kegiatan ini memang diikuti oleh berbagai perwakilan Damkar, Satpol PP dan Linmas seluruh Indonesia.

"Sangat senang karena banyak tamu dari sejumlah daerah di nusantara hadir dalam ajang ini. Apalagi kita dapat kehormatan Pak Menteri datang memimpin langsung upacara," terangnya.

Kegiatan lainnya juga digelar Rakornas Damkar, Satpol PP dan Satlinmas hingga bazar di areal Stadion Kaharuddin Nasution.

Ada ribuan orang memadati stadion yang berada di Rumbai. Mereka yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mewakili 34 provinsi yang ada di nusantara.

Para hadirin mengenakan seragam Damkar dan Satpol PP dan atribut lengkap. Ada juga terlihat pasukan satlinmas di barisan peserta upacara.

Sejumlah atraksi menambah semarak kegiatan itu. Satu persatu atraksi silih berganti memukau para hadirin yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia.

Sebanyak 250 orang praja Satpol PP Pekanbaru menampilkan sejumlah atraksi unjuk kebolehan pencak silat, yong modo, jiujitsu, kempo, tinju dan karate.

Ada juga yang menampilkan atraksi memecahkan sejumlah material seperti genteng, batako hingga membuat kawat besi bengkok dengan leher. Selain itu mematahkan kawat baja dengan kelingking.

Sejumlah personel Satpol PP melakukan lompatan harimau, melompat di antara lingkaran api. Adegan itu membuat suasana sempat tegang.

Atraksi lain yang memukau hadirin adalah atraksi terbang layang sambil mengibarkan bendera Satpol PP. (Adv/yusnan)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top