• Home
  • Advertorial
  • Pembangunan Pasar di Inhu Kian Menggeliat, Kali Ini Bupati Yopi Resmikan Pasar Rakyat Japura Kecamatan Lirik

Pembangunan Pasar di Inhu Kian Menggeliat, Kali Ini Bupati Yopi Resmikan Pasar Rakyat Japura Kecamatan Lirik

Selasa, 19 Desember 2017 | 19:54
Bupati Yopi foto bersama saat peresmian Pasar Rakyat Japura Kecamatan Lirik.
INHU, RIAUGREEN.COM - Dalam beberapa tahun terakhir di Kabupaten Indragiri Hulu di saat kepemimpinan Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE, dan Wakil Bupati H Khairizal SE, khususnya di tahun anggaran 2017 saat ini  tergambar adanya peningkatan demi peningkatan pembangunan di tengah masyarakat desa dan kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Inhu, khususnya adanya peningkatan di bidang pembangunan Pasar guna berputarnya perekonomian di tengah warga masyarakat sekitarnya.

Dimana baru-baru ini bahwa bupati termuda di Propinsi Riau ini, H Yopi Arianto SE, telah meresmikan pembangunan pasar di desa Japura secara langsung, yang di beri nama Pasar Rakyat Japura Kecamatan Lirik.

Peresmian tersebut dilaksanakan tepat pada hari selasa (12/12/2017) lalu. Oleh karenanya Pasar ini merupakan  bukti nyata keberhasilan Pemkab Inhu dalam menjemput dana pusat, mengingat anggaran pembangunan pasar rakyat Japura ini berasal dari APBN dengan nilai kurang lebih Rp 5,4 Miliar.
 
Kedatangan Bupati Yopi kelokasi acara peresmian Pasar Rakyat Japura disambut oleh oleh Antusias warga masyarakat setempat dengan diiringi seni budaya setempat yakni pencak silat yang dibawakan para pendekar yang ada di desa tersebut.

Bupati Yopi Arianto SE saat menandatangani prasasti peresmian pasar rakyat Desa Japura Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu

Disamping itu juga bupati Inhu Yopi Arianto SE dalam kehadirannya didampingi oleh sejumlah pejabat, dan Ormas, serta masyarakat dari berbagai kalangan juga ikut menyambut kedatangan Bupati Yopi bersama rombongan di hari yang bersamaan.

Demikian halnya dalam kata sambutan, Camat Lirik Suhadi SE MM, tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Inhu, khususnya kepada Bapak Bupati Inhu H. Yopi Arianto yang telah membangunkan pasar yang megah ini di Desa Japura Kecamatan Lirik ini, ujarnya ketika acara pelaksanaan peresmianya di laksanakan pada hari yang sama (Selasa,red).
 
Dalam rangkuman pelaksanaan peresmian tersebut Kepala Disperindag Inhu, Raja Marwan, mengatakan pembangunan Pasar Rakyat Japura ini tidak terlepas dari arahan Bapak Bupati Inhu Yopi Arianto untuk menjemput dana pusat. "Alhamdulillah berhasil dapat dengan alokasi dana kurang lebih Rp 5,4 Miliar untuk pembangunan Pasar Rakyat Japura," tuturnya.

Bupati Yopi Melepas Burung Merpati pada Peresmian Pasar Rakyat Japura Kecamatan Lirik

Perlu diketahui bersama Pasar Rakyat Japura ini sebenarnya bukan satu-satunya pasar yang dibangun Pemkab Inhu, namun banyak pasar di kecamatan lainnya yang ada di Inhu yang sudah dibangun, terutama yang menggunakan dana pusat.
 
"Untuk Pasar Rakyat Japura ini terdiri dari 150 unit, 32 los pasar, 14 unit kios, dan sisanya los kering," sebut Raja Marwan.
 
"Maka oleh karena itu kita berharap semoga pasar ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan masyarakat dapat melaksanakan transaksi jual beli dengan nyaman dan lancar," ujarnya lagi.
 
Sementara itu, Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa program dan pelaksanaan pembangunan pasar ini tidak terlepas dari partisipasi dan dukungan dari segala pihak termasuk juga seluruh masyarakat kita.

"Tidak terasa waktu terus berjalan, periode pertama saya menjabat banyak juga pembangunan pasar modern di desa-desa yang ada di Inhu. Hal ini tentunya bertujuan agar masyarakat nyaman dalam berjual beli, sehingga bermuara pada meningkatnya perekonomian masyarakat," terang Bupati Yopi Arianto SE.
 
"Untuk itu, kalau kita perhatikan khususnya masyarakat di lingkungan Pasar Rakyat Japura ini, rasanya tak mungkin dapat terealisasi. Dulu kalau saya lewat disini pas pasar buka macet. Namun saat ini Alhamdulillah pembangunan terwujud, tentunya ini berkat dari semangat kades dan masyarakatnya," jelas bupati Yopi.

Bupati Yopi mencoba saluran air yang berfungsi dengan normal

Juga pada kesempatan yang sama, Bupati termuda di Riau ini mengungkapkan dalam membangun pasti ada yang pro dan kontra, dan biasanya yang kontra sedikit.
 
"Saya terus pantau perkembangan di media sosial, luar biasa sekali kritikan dan hujatan," sebutnya.
 
Oleh karenanya Bupati Yopi berpesan agar nantinya pembagian kios pasar ini dapat berlangsung aman, terbuka serta adil. Dan diharapkan Pasar Rakyat Japura ini dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dari sisi perekonomian, selain juga akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang salah satunya yaitu melalui retribusi pasar.

"Manfaatkanlah dengan baik, semoga bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," tuturnya.
 
Sejalan dengan hal tersebut peresmian ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Bupati Yopi dan para tokoh masyarakat, serta pejabat dilingkungan Pemkab Inhu. Kemudian dilanjutkan pemotongan pita seraya meninjau kondisi bangunan pasar tersebut.

Secara bersamaan warga masyarakat sekitar desa japura usai peresmian pasar desa japura tersebut juga mengacungkan jempol bahwa pembangunan pasar tersebut dapat selesai dibangun dengan tepat waktu pada bulan desember 2017, saat ini telah diresmikan sebagai mana yang kita lihat beberapa waktu lalu ujar warga setempat yang hadir saat peresmian di laksanakan saat itu. (adv/bud)



Loading...
BERITA LAINNYA
Pendidikan Lokomotif Pembangunan Inhu
Kamis, 21 Desember 2017 | 11:34
Gubernur Riau Panen Raya Padi di Desa Mentayan
Jumat, 08 Desember 2017 | 11:25
BERIKAN KOMENTAR
Top