• Home
  • Advertorial
  • Perkenalkan Wisata Bay Park, Pemda Rohil Gelar Berbagai Macam Perlombaan

Perkenalkan Wisata Bay Park, Pemda Rohil Gelar Berbagai Macam Perlombaan

Rabu, 21 September 2016 | 16:06
Lomba pacu sampan memeriahkan HUT RI ke 7i di objek Wisata Bay Park Rokan Hilir,Minggu (21/8).
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Dalam rangka menyemarakan HUT RI ke- 71 dan mengembangkan obyek wisata yang ada di Rohil, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir(Rohil) menggelar berbagai acara yang dipusatkan ditempat wisata Bay Park, ada pun acara yang diperlombakan yakni pukul bantal diatas air, panjat pinang, menangkap bebek, dan lomba pacu sampan.

"Kegiatan ini bukan hanya dalam menyemarakkan HUT RI ke-71, namun kita lebih dari untuk memperkenalkan wisata yang ada di Bay Pack, kepada masyarakat luas dengan menggelar berbagai kegiatan yng dipusatkan di Jalan Bahagia Ujung Kabupaten Rokan Hilir," kata Bupati disela-sela kegiatan, Minggu (21/8).

Dalam wawancaranya Bupati menyampaikan,kegiatan ini baru pertama kali digelar di Bay Park ini Namun antusias masyarakat begitu membludak, untuk menyaksikan lomba menangkap bebek, pukul bantal, panjat pinang dan Lomba Pacu Sampan.

"Saya tidak mengira masyarakat begitu membludak datang kesini, untuk menonton berbagai kegiatan yang menghibur ini. Sejak pagi masyarakat sudah berbondong-bondong datang kelokasi perlombaan," imbuhnya.

Pihak panitia sendiri sudah menyiapkan berbagai hadiah untuk lomba panjat pinang, pukul bantal, Pacu Sampan dan lomba menangkap bebek,hadiah yang disediakan panitia penyelenggara yakni seperti,TV, kipas angin, kompor gas dan lain-lain.

Bupati menambahkan, kegiatan bukan semata hanya mencari hadiah saja,tapi lebih sebagai ajang silaturahmi kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.
"Kegiatan ini lebih untuk Silaturahmi antara pemerintah Kabupaten Rohil dengan masyarakat, melalui Wisata Bay Park yang ada di Rohil, sehingga warga yang hadir dapat mengenal Wisata yang ada di Kabupaten Rohil lebih mendalam lagi," tukasnya.

Untuk acara Hari Ulang Tahun Kabupaten Rohil nanti, kita akan menambah berbagai macam kegiatan yang lebih banyak dan lebih meriah lagi.
"Untuk Acara Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hilir yang jatuh pada 4 oktober 2016 ini ,yang rencananya kita akan mengadakan berbagai macam acara hiburan seperti ini,seperti panjat pinang akan kita tambah menjadi 20 batang," kata Bupati.

Pantauan RiauGreen.com, warga begitu antusias menyaksikan para peserta yang begitu semangat mengikuti berbagai perlombaan. Mereka sudah mempersiapkan diri untuk berenang menangkap bebek yang dilepas panitia di sungai.
Warga yang hadir dibuat tertawa atas tingkah laku yang lucu dari peserta pada saat menangkap bebek, lomba pukul bantal dan panjat pinang. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Kabupaten Rohil Suyatno,yang didampingi oleh Plt Sekda H.Surya Arfan,Kepala Dinas Pariwisata Zulkarnaen,kepala Kantor KPT,Syafruddin,Camat Bangko Jurianda,Anggota DPRD H.Tatang Hartono,dan lurah Bagan Barat Andika Pratama. 
Digaraf Optimal
 
Setelah pulau Jemur, satu lagi sasaran tempat wisata daerah yang bakal digarap secara optimal adalah Parit Bay Park. Nama orang Belanda yang dilekatkan menjadi merek dan modal guna pengembangan sector andalan baru pariwisata di Negeri Seribu Kubah ini.

"Berhubung kawasan ini sudah dikunjungi masyarakat. Sudah saatnya taman wisata bay park ini dibenahi sebagus mungkin. Sehingga kawasan ini bisa menjadi daya tarik mengisi waktu libur dan santai," kata Suyatno.

Tempat wisata yang berasal dari sungai alam ini, lanjut dia, membutuhkan fasilitas penunjang agar orang bisa lebih tertarik datang kesini. "Saya sangat setuju parit bay park dijadikan taman wisata bay park. Umtuk semua itu, semua harus dikelola dan ditata semenarik mungkin. Agar masyarakat Rohil bisa mengisi waktu santai disepanjang kawasan wisata ini," tandasnya.

Untuk Pulau Jemur, sebelumnya Bupati Rohil H Suyatno mengatakan bahwa terhadap kawasan potensi wisata andalam daerah ini, Pemkab Rohil rencana akan membeli kapal Ferry untuk mengangkut bolak-balik penumpang dengan kapasitas 100 orang. Sedangkan sentral tampat persinggahan turun naik penumpang tujuan Bagansiapiapi via Pulau Jemur juga akan disiapkan.

"Daerah kita masih banyak potensi belum terkelola dengan baik, kita minta kepada semua pihak member dukungan dan masukan agar potensi wisata daerah ini terlaksana dengan baik," ujarnya.

H Suyatno juga mengatakan tidak semua orang pernah ke pulau jemur, maka dari itu upaya pembkab melalui dinas terkait akan merencanakan bagaimana program sector andalan wisata data tergarap dengan sebaik mungkin. "Agar daerah ini cepat maju tujuan andalan wisata daerah berjalan" kata bupati. 

Didukung Dewan

DPRD Rohil dari Fraksi Golkar Tatang Hartono menyebutkan bahwa program dan gebrakan bupati H. Suyatno di sector parwisata itu patut didukung.
Gagasan dari pemerintah daerah untuk menciptakan andalan baru wisata dinilai tepat karenanya harus didukung  apalagi, di lokasi ini terlihat antusias pengunjung meningkatkan dan kian bertambah ramai yang berkunjung, "Saya pribadi sangat mendukung dengan terciptanya tempat hiburan di parit bay park ini," Kata Tatang Hartono

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Rohil Hj Rusmanita. Dikatakannya DPRD mendukung penuh rencana Pemkab Rohil untuk mengembangkan Wisata Pulau Tilan dengan menghiasi pulau itu dengan ribuan tanaman pelindung dan membangun jembatan Gantung. Agar Wacana ini bisa terealisasi, semua pihak diajak secara bersama-sama untuk membantu pemkab Rohil.
"Kita sepenuhnya sangat mendukung rencana Pemkab Rohil untuk mengembangkan wisata pulau tilan dengan membangun berbagai sarana dan prasarana. Dengan demikian setidaknya Pemkab Rohil telah peduli dan memperhatikan objek wisata yang ada di negeri seribu kubah ini," ujar Anggota DPRD Rohil, Hj Rusmanita. 

Politisi Partai Perjuangan Demokrasi Indonesia (PDIP) Rohil itu juga mengharapkan wacana pemkab Rohil itu bisa terwujud pada tahun 2017 mendatang. "Mudah-mudahan pengembangan wisata pulau tilan itu tahun depan bisa terealisasi, dengan begitu Pendapatan Asil Daerah (PAD) disektor kepariwisataan bisa meningkat," harapnya.

Apalagi katanya pulau tilan itu selain memiliki pemandangan yang indah juga memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Selain itu, pulau tilan itu informasinya juga telah dilirik oleh investor yang ingin membangun lapangan olahraga Golf karena areal lahannya sangat luas. 

"Kita yakin kalau pulau tilan ini dikembangkan secara serius maka akan mampu menambah PAD Rohil kedepannya," ungkapnya.  (adv/her)


BERITA LAINNYA
Bupati Inhu Yopi Arianto Lantik 302 CPNS
Rabu, 17 Juni 2020 | 22:34
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top