• Home
  • Advertorial
  • Program Strategis Bupati M Harris, Ciptakan Pelalawan Sehat, Bersih dan Hijau

Program Strategis Bupati M Harris, Ciptakan Pelalawan Sehat, Bersih dan Hijau

Selasa, 30 Juni 2015 | 15:07
PELALAWAN, RIAUGREEN.COM - Dari tujuh Program Strategis Bupati Pelalawan, H. M. Harris, terdapat satu program yang menjadi program unggulan yang di dukung penuh oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pelalawan.

Dalam menciptakan pelalawan Sehat, Bersih nan Hijau serta lingkungan yang lestari, merupakan komitmen Pemerintah yang bekerjasama dengan kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan yang melahirkan Program Adipura.

Melalui Program Adipura, Kabupaten Pelalawan berkomitmen meningkat kebersihan Kota, pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau di Kota Pangkalan Kerinci.

Terhitung dari tahun 2008 yang merupakan awal pelaksanaan program Adipura di kabupaten Pelalawan memperoleh penilaian yang kurang memuaskan. Namun dengan Tim Koordinasi Program Adipura yang terdiri dari Dinas Pertamanan dan tata kota serta Dinas Kebersihan bentukan Bupati Pelalawan. Kota Kecil Pangkalan Kerinci dinobatkan sebagai kota bersih di Provinsi Riau tahun 2015.

Dengan predikat kota bersih yang merupakan bagian dari penilaian Adipura, Kabupaten Pelalawan memperoleh Juara Harapan pada tahun ini dan menerima penghargaan langsung dari Plt. Gubernur Riau. ArsyadJuliandi Rahman.

Untuk memberikan dampak kepada masyarakat pangkalan kerinci melalui Program Adipura. Bupati Harris menghimbau kepada perusahaan RAPP dan Arara Abadi untuk dapat menyalurkan CSR nya dalam program Adipura terutama turut membantu pelestarian Ruang terbuka hijau di kawasan lintas timur.

Raih Penilaian Tertinggi 2014


Melalui kordinasi Tim yang baik, Saat ini Kota Pangkalan Kerinci memperoleh penilaian Adipura tertinggi pada tahun 2014 dengan perolehan nilai diatas 71, yang pada tahun sebelumnya hanya memperoleh nilai 59. Sedangkan penilaian tahap kedua untuk kabupaten Pelalawan sedang dalam proses penilaian.

Program lain yang mendukung menuju program strategis Pelalawan Sehat adalah Program Adiwiyata yang merupakan program  kementrian Kehutanan, Pendidikan dan  lingkungan Hidup.

Melalui program Adiwiyata , menciptakan sekolah yang berbudaya dan berwawasan lingkungan dari tingkat pelajar. Saat ini kabupaten Pelalawan dalam dua tahun terakhir 23 sekolah terdaftar sebagai sekolah berbasis Adiwiyata pada tahun 2013. Sedangkan minat sekolah berbasis Adiwiyata tahun 2014 meningkat menjadi 34 sekolah, dengan 1 sekolah yang telah lulus Verifikasi dan memperoleh penghargaan dari Kementrian lingkungan hidup untuk Adiwiyata Mandiri.

Penghargaan sekolah berbasis lingkungan tingkat mandiri diterima langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Pangkalan kerinci dan dihadiri oleh Bupati Pelalawan, H.M. Harris dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia 5 Juni, di Istana Bogor. (adv/rby)

BERITA LAINNYA
Bupati Inhu Yopi Arianto Lantik 302 CPNS
Rabu, 17 Juni 2020 | 22:34
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top