• Home
  • Foto
  • Safari Ramadhan Bupati Inhil Tinjau Lokasi Bencana Tanah longsor

Safari Ramadhan Bupati Inhil Tinjau Lokasi Bencana Tanah longsor

INHIL, RIAUGREEN.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir H Muhammad Wardan melakukan dialog interaktif bersama masyarakat di Mesjid Mashdarul Ihsan Desa Tanjung Lajau sekaligus meninjau lokasi bencana tanah longsor yang menimpa warga dari 2 (Dua) desa, yakni Desa Sungai Bela dan Desa Sungai Buluh, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Rabu (31/5/2017) sore.

Kegiatan yang difasilitasi oleh pihak Pemerintah Kecamatan Kuala Indragiri ini digelar dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tentang pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

"Baik informasi yang berasal dari kami selaku Pemerintah maupun dari masyarakat. Silahkan sampaikan informasi kepada saya tentang pembangunan, kemukakan kritikan dan saran karena kami juga butuh akan hal tersebut," kata Bupati di hadapan puluhan masyarakat.

Wardan menambahkan, kedatangannya selain dalam rangka Safari Ramadhan sekaligus juga meninjau beberapa tempat yang terkena musibah tanah longsor beberapa hari lalu, yakni di desa Sei Buluh dan Desa Sei Bela.

"Tadi saya langsung meninjau dan sebelumnya melalui BPBD sudah meyalurkan bantuan bagi warga yang terkena musibah terutama tersebut," ujarnya.

Beliau menghimbau seluruh masyarakat untuk berhati-hati, karena daerah-daerah seperti ini rawan terjadi musibah, bencana longsor. Maka, hendaklah membangun di lokasi yang akan dari kemungkinan longsor.

Dalam kegiatan Safari Ramadhan ini, selain untuk mendekatkan jalinan silaturahmi, beliau juga menyampaikan program-program pembangunan kepada masyarakat dan sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang benar mengenai program pembangunan yang dijalankan Pemkab Inhil.

"Sehingga masyarakat menjadi paham dan mengerti bahwa kami sudah berbuat untuk kepentingan masyarakat, baik itu kegiatan pembangunan fisik, infrastruktur, perbaikan kebun rakyat, kegiatan pengembangan pendidikan, Maghrib Mengaji, dan kegiatan pembangunan lainnya," imbuhnya.

Melalui dialog ini, beliau memberikan kesempatan masyarakat untuk menyampaikan informasi, kendala atau masalah, usul dan saran bagi kepentingan pembangunan.

Keberhasilan program pembangunan, saat ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, seperti Program DMIJ yang membawa perubahan di desa-desa. Dipesankan, fasilitas yang sudah dibangun tersebut, dapat dipelihara dengan baik oleh masyarakat.

Sesi dialog ini dapat dimanfaatkan masyarakat mengajukan berbagai pertanyaan kepada Wardan dan beliau dapat menjawab seluruh pertanyaan mereka dengan baik dan tuntas.

Setelah dialog berakhir, Bupati bersama masyarakat Desa Tanjung Lajau berbuka puasa bersama dan dilanjutkan dengan Shalat Maghrib, Shalat Isya' dan Shalat Tarawih.

Sebelum melakukan dialog bersama masyarakat Desa Tanjung Lajau, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengunjungi lokasi bencana tanah longsor yang terjadi di 2 (Dua) desa Kecamatan Kuala Indragiri, yakni Desa Sungai Bela dan Desa Sungai Buluh.

Bupati Wardan, mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa masyarakat dari kedua Desa tersebut dan berharap kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Memang, bencana tanah longsor kerap sekali terjadi di beberapa kawasan di Kabupaten Inhil ini. Sebelumnya, bencana tanah longsor juga menimpa masyarakat tanah merah Kecamatan Tanah Merah. Untuk itu, saya berharap, kedepan akan diperoleh solusi untuk mengabtisipasi bencana tanah longsor ini," kata Bupati.

Kepada masyarakat para korban bencana, Bupati Wardan juga meminta agar dapat senantiasa bersabar dan berputus asa.

"Tetaplah Tawaqal, segala bentuk musibah yang kita terima semoga dapat memberikan hikmah terhadap kita beserta keluarga kita kedepannya," ujar Bupati. (sandi)

  • Bupati Inhil, HM Wardan saat kedatangannya disambut antusias masyarakat Desa Tanjung Lajau, Kecamatan Kuindra.


  • Bupati Inhil, HM Wardan beserta rombongan berjalan menuju lokasi dialog di Mesjid Mashdarul Ihsan, Desa Tanjung Lajau.


  • Bupati Wardan memaparkan materi dialog dihadapan puluhan masyarakat Desa Tanjung Lajau.


  • Bupati Wardan didampingi Camat Kuindra, Syahbudi menyampaikan informasi terkait program pembangunan Pemerintah Kabupaten Inhil.


  • Puluhan masyarakat Desa Tanjung Lajau tengah berkonsentrasi mendengarkan pemaparan dari Bupati Wardan.


  • Kaum perempuan Desa Tanjung Lajau mengikuti dengan seksama jalannya proses dialog dengan pemaparan dari Bupati Wardan.


  • Bupati Wardan berfoto bersama sejumlah masyarakat dan unsur pemerintahan Desa Tanjung Lajau juga Kecamatan Kuindra usai dialo


  • Bupati Wardan melihat lokasi bencana tanah longsor yang menimpa masyarakat dari 2 (Dua) desa di Kecamatan Kuindra.


  • Bupati Wardan memastikan lokasi bencana tanah longsor dari kejauhan.


  • Bekas rumah warga tampak porak - poranda pasca ditimpa bencana tanah longsor beberapa waktu lalu.


  • Sejumlah warga korban bencana menyaksikan kedatangan Bupati Wardan untuk meninjau lokasi tanah longsor.

  • Top