• Home
  • Foto
  • Bupati Syamsuar Lantik Kepala UPTD/UPTB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

Bupati Syamsuar Lantik Kepala UPTD/UPTB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

SIAK, RIAUGREEN.COM - Sahri (52) petang itu, Selasa (11/4),  tak menyangka dilantik Bupati Syamsuar sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri Satu Atap kampung Teluk Lanus, kecamatan Sungai Apit. Ia dilantik beserta 201 pejabat lainnya, sebagai Kepala UPTD/UPTB, Kepala Sekolah dan Pengawas.

Pria asal Indramayu yang biasa melatih anak-anak pramuka Siak, mengaku tak menduga kalau dirinya diangkat menjadi kepala SMP. Meskipun demikian, kedepan ia berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak didiknya.

Mantan guru SD 17 Teluk Lanus ini bertekad ingin memajukan dan mengembangkan pendidikan yang lebih baik, terutama memajukan gerakan pramuka di sekolah yang ia pimpin.

Sahri sudah 9 tahun tinggal di kampung terluar di kabupaten Siak, sebelumnya ia bertugas di Bungaraya.  Pertama kali mengajar di sana (Teluk Lanus) murid SDnya masih berjumlah 68 orang dan hingga saat ini sudah berjumlah 170 orang. 

Mutu sekolah SD dan SMP Teluk Lanus sudah terakreditasi B. Berharap adanya peningkatan dan penambahan fasilitas, seperti kursi, meja dan lemari untuk di SD dan SMP, dan pengadaan labor komputer serta  perpustakaan untuk di SMP. 

Sahri mengaku, sejauh ini pemerintah kabupaten sudah banyak memberi perhatian kepada tenaga pengajar. Kami yang bertugas di kampung ini mendapat tunjangan khusus, diluar tunjangan daerah dan gaji, jumlahnya sama banyak baik pegawai maupun honorer.

Selain itu lanjut Sahri, ia dan kawan-kawannya disana dapat bantuan jasa angkutan (speed boat) gratis dari Dinas perhubungan, jika hendak dinas luar daerah. Bantuan untuk peserta didik pun sudah banyak diberikan, seperti perlengkapan sekolah.

Sehari-hari selain mengajar, dirinya adalah ketua kelompok tani yang aktif. Dijelaskannya,  Saat ini Teluk Lanus sudah terbentang lahan pertanian seluas 357 hektar, dan bisa menghasilkan berton-ton beras. Termasuk alat mesin pertanian (alsintan) sudah sebanyak 37 unit, dan 7 unit mesin hand traktor. Semua itu bantuan dari pemerintah pusat dan pemkab Siak sendiri.

Usai melantik dan mengukuhkan pejabat tersebut, Bupati Siak Syamsuar mengatakan, pelantikan dan pengukuhan dilakukan dalam rangka penyegaran serta menciptakan terobosan bagi guru, karena tenaga pendidik telah di bekali dengan pelatihan dan juga diklat yang telah dilaksanakan.

Bupati berharap agar di awal tahun ajaran yang baru nanti, tiap sekolah dapat memperbaharui sistem manejemen yang masih lemah agar menjadi lebih baik.

Syamsuar menjelaskan bahwa, saat ini kewenangan daerah hanya sampai tingkat SD dan SLTP saja sebab tingkat SLTA sudah menjadi kewenagan Provinsi.

Diakuinya, bahwa kabupaten Siak masih kekuranga tenaga pendidik, sehingga ia minta pihak dinas dapat secara bijak melakukan pemetaan terhadap tenaga pendidik dengan tepat. 

"Saya mengajak kepada kita semua, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terkhusus tenaga pendidikan kita. Kami berikan kesempatan untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, ungkap Bupati.

Tak lupa Bupati memberikan ucapan selamat, dan berpesan dapat menjaga amanah, sehingga  bisa meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi. Untuk Kepala sekolah yang baru, agar bisa membaur dengan lingkup kerja di sekolah yang baru,  utamakan keterbukaan dan musyawarah dalam setiap kebijakan.

Dalam kesempatan yang sama, Syamsuar mengajak kepada tenaga pengawas dapat menyelesaikan persoalan internal dan menyesuaikan segala tindakan dengan aturan yang berlaku. Tenaga pengawas diminta untuk senantiasa menujukan citra yang baik dan positif dalam bertugas.

Pejabat yang dilantik tersebut terdiri dari Kepala UPTD/UPTB berjumlah sebanyak 57 orang, Kepala sekolah 141 orang, dan Pengawas Sekolah 5 orang. Ruang Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak tersebut tampak penuh dipadati pejabat yang dilantik ditambah dengan undangan yang hadir.   

Sebelumnya dilakukan secara simbolis penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan kepada salah seorang perwakilan Alex Chandra sebagai kepala UPTD Bina Marga dan Pengairan kecamatan Dayun.

Selain itu Alex juga menandatangani Pakta Integritas sebagai janji kepada diri sendiri untuk melaksanakan tugas sesuai peraturan perundangan, dan tidak akan melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

Saat itu, turut hadir Wakil Bupati Siak Alfedri, Kepala Kantor Kemenag Muharom, Kepala BKPSDM Lukman, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kadri Yafis, dan sejumlah pejabat eselon II lainnya dilingkungan pemkab Siak. (infotorial/hms/zul)
Bupati Syamsuar menandatangani pelantikan
Author:

  • Bupati Syamsuar menandatangani pelantikan


  • Bupati Siak Memberikan Sambutan


  • Bupati Syamsuar memberikan sambutan


  • Bupati Syamsuar membacakan naskah pelantikan


  • Pejabat yang dilantik menandatangi pelantikan


  • Bupati Syamsuar membacakan naskah pelantikan

  • Top