• Home
  • Foto
  • Bupati Meranti Hadiri Acara Peresmian Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus

Bupati Meranti Hadiri Acara Peresmian Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus

MERANTI, RIAUGREEN.COM - Kampung Terus desa Ketapang Permai,Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, merupakan sebuah Kampung dengan penduduknya yang  heteroghen ternasuk diantaranya suku Tiong Hoa, yang selama 2 hari sejak Minggu (13/11) hingga Senin (14/11/2016) menggelar acara Peresmian Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong dan Perayaan HUT Dewa Tua Pek Kong.

Wenny (40),Ketua Pelaksana Harian Pembangunan Kelenteng Hoe Liong Kiong di Kampung Terus tersebut menjelaskan, kelenteng ini telah berdiri sejak Tahun 1883 hingga kini telah  mencapai usia 133 tahun dan telah mengalami beberapa kali renovasi, bahkan Toa Pek Kong di Kelenteng tersebut juga pernah dilakukan Ceng Kim Sin (pelapisan emas- red ) di Singapura.

Bahkan, hingga ulang tahun ke 133 ini,Kelenteng itu telah mengalami renovasi beberapa kali yang terakhir dimulai  awal Desember Tahun 2014 lalu, selesai pengerjaannya pada 13 Oktober 2016 sekaligus diresmikan, jelas Wenni. Ia berharap, disamping sebagai sarana Ibadah, semoga Kelenteng Hio Liong Kiong dapat memajukan dunia pariwisata Meranti.

Hadir di acara tersebut, Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan Nasir M.Si,Ketua Komisi A DPRD Meranti E Miratna SH,Ketua Komisi B Dedy Putra, Anggota DPRD lainnya seperti Darwin Susandi, Ardiansyah,Asmawi, Kapolres Meranti diwakili  Waka Polres Kompol Wawan, Dandim 0303/Bkls di wakili Danramil 02/Selatpanjang Mayor Arh Bismi T, Kabag Hunas Pemkab Meranti Iin Helfandi, Camat Pulau Merbau, Tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam sambutan,Bupati Meranti Drs Irwan Nasir menyampaikan, dengan keheterogenan ini, kita harus mampu menyatu padukan kebergaman. Kelenteng yang telah berusia ratusan tahun ini, disamping sebagai pusat keagamaan,semoga dapat pula mamajukan dunia pariwisata Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti juga mendukung agar momen ini dari tahun ke tahun semakin meriah.

Pada kesempatan itu,Bupati Drs Irwan juga mengucapkan selamat pada bapak Tan Pok Kun sebagai ketua pada acara peresmian Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong (Lo Cu) yang telah menyumbangkan fikiran dan material bagi pembangunan kelenteng ini.

Sementara itu ,Tan Pok Kun selaku Ketua pembangunan mengatakan, dengan  usia Kelenteng  yang semakin matang ini, diharapkan dalam pelaksanaan kegiatan yang akan datang ,tidak hanya didominasi oleh orang tua - tua saja, namun diharapkan peran aktif generasi muda,serta hubungan yang baik antar sesama  harus pula terus terbina.

Pho Kun (73) warga kampung Terus yang telah lama tinggal di negri jiran Singapura mengatakan, di usianya ke 133 ini, semoga Kelenteng Hue Liong Kiong terus “memberikan berkah” bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Semoga seluruh pe­ngurus Kelenteng tetap giat dan aktif di dalam menjalankan tugasnya masing-ma­sing. Kita harapkan bukan hanya orang tua saja yang berkarya,namun  peran aktif generasi muda  juga sangat diharapkan serta  mau persiapkan diri bila tiba saatnya nanti untuk  menerima tongkat estapet kegiatan kedepannya nanti.

Masih menurut Locu, dahulu bangunan tempat ibadah ini hanya terbuat dari bahan kayu, namun berkat ketekunan seluruh umat Budha yang beribadah di kelenteng itu, terus mengalamai perubahan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberi kedamaian bagi kita semua dan Kabupaten Meranti bertambah maju, ucapnya.

Dalam kesempatan itu, T Mustapa, salah seorang tokoh masyarakat Meranti  merasa salut atas rasa kekeluargaan yang ditunjukkan oleh masyarakat suku Tiong Hoa di Meranti. Menurut Tengku Mustafa, sikap kekeluargaan ini patut kita contoh.

Sikap itu diwujudkan dengan kehadiran ribuan masyarakat meranti yang merantau baik di luar daerah bahkan dari luar negri.

Sementara itu Ramlan, Tokoh muda di Kecamatan Pulau Merbau yanng turut mendampingi Tengku mustafa mengatakan,memang terlihat jelas Nurani yang menyatu ditengah saudara kita masyarakat Tiong Hoa dalam acara yang digelar ini. Saya merasa bangga menjadi masyarakat Meranti yang heterogen, ucapnya. (manik) 

  • Foto bersama Rombongan Muspida Kabupaten Kepualauan Meranti, Anggota DPRD Meranti dengan Wenny Selaku Ketua Harian Pelaksanaan Pembangunan Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus Kabupaten Kepualauan Meranti, Senin 14 Novvember 2016.


  • Prasasti Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terusyang ditandatangani Bupati Meranti Drs Irwan Nasir MSi, Senin 14 November 2016


  • Saudara Ayong (saalah satu panitia) pada acara Peresmian Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus, didampingi anggota Komisi C DPRD Asnawi, Danramil 02/Selatpanjang Mayor Arh Bismi Tambunan, Kadis Pertambangan Meranti Herman


  • Bupati Meranti Drs Irwan Nasir MSi disambut Ketua Pelaksana Harian Pembangunan Kelenteng Hoe Liong Kiong, Senin 14 November 2016.


  • Bapak Tan Pok Kun didampingi anaknya Wenny seusai pengguntingan pita pada peresmian Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus, Senin 14 November 2016.


  • Pengguntingan pita peresmian Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus oleh Bupati Meranti dan Tan Pok Tun, Senin 14 November 2016


  • Gapura Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus


  • Penyerahan Pelakat kepada Bupati Meranti Drs Irwan Nasir MSi oleh Ketua Pelaksana harian pembangunan Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus


  • Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus Kabupaten Kepulauan Meranti


  • Ayong beserta istri di acara peresmian Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus


  • Resepsi Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus


  • Bupati Meranti Drs Irwan Nasir MSi, didampingi Waka Polres Meranti Kompol Wawan, Danramil 02/Selatpanjang Mayor Arh Bismi Tambunan, Kabag Min Kajari Selatpanjang Sabar Aritonang, pada acara peresmian Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus, Senin 14 November 2016.


  • T Musatafa didampinigi saudara Ramlan di Resepsi peresmian Purna Pugar Kelenteng Hoe Liong Kiong Kampung Terus

  • Top